Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Catatan dari Bawah Tanah (Fyodor Dostoyevsky)

Judul: Catatan dari Bawah Tanah (novel)
Penulis: Fyodor Dostoyevsky
Penerbit: Simpang
Tebal: 178 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 50.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Catatan dari Bawah Tanah dirayakan sebagai novel eksistensialis pertama; karya ini adalah titik awal bagi tema kesia-siaan yang menusuk melalui banyak tulisan abad kedua puluh, termasuk karya Kafka dan Beckett. Karya Dostoyevsky paling revolusioner ini berisi kenangan melantur dari narator putus asa yang tidak disebutkan namanya, yang telah mengucilkan seluruh dirinya dari masyarakat ke dalam eksistensi bawah tanah. Lanturan ini sebenarnya adalah analisis menyelidik dan spekulatif dari pertanyaan-pertanyaan politik dan filosofis yang berhubungan dengan Rusia dan Eropa pada waktu itu.

Narator tanpa nama dalam kisah ini merupakan seorang individu yang sangat terasing, yang terus-menerus menganalisis diri dan merenung sebagai upayanya dalam pencarian apa-apa saja yang benar dan baik dalam sebuah dunia dari nilai-nilai relatif maupun absolut. Selain itu, novel ini memperkenalkan tema –moral, agama, politik dan sosial– yang mendominasi karya Dostoyevsky selanjutnya. Catatan ini, selain menarik dari sisi kualitas sastra, juga menawarkan pembaca sebuah pengenalan ideal kepada imajinasi kreatif, penetrasi psikologis yang mendalam dan luar biasa dari salah satu novelis paling berpengaruh dari abad kesembilan belas.

Novel ini menandai garis pemisah antara karya fiksi abad kesembilan belas dan kedua puluh, dan antara bagaimana visi diri setiap abad diwujudkan. Salah satu karakter yang paling luar biasa dalam kesusastraan, narator yang tidak disebutkan namanya adalah mantan pejabat yang secara berani telah menarik diri ke dalam eksistensi bawah tanah. Dalam pengucilan diri penuh dari masyarakat, ia mencoretkan sebuah narasi bergairah, obsesif, penuh kontradiksi yang berfungsi sebagai serangan yang menghancurkan utopianisme sosial dan sebuah penegasan sifat manusia yang pada dasarnya tidak rasional.

Fyodor Mikhailovich Dostoyevsky (1821-1881) adalah seorang novelis Rusia, penulis cerpen, esais dan filsuf. Karya sastra Dostoyevsky mengeksplorasi psikologi manusia dalam konteks atmosfer politik, sosial, dan spiritual yang kacau dari abad ke-19. Banyak kritikus sastra menilai dia sebagai salah satu psikolog terbesar dan paling menonjol dalam sastra dunia.