Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Novel Bimala (Rabindranath Tagore)

Judul: Bimala
Penulis: Rabindranath Tagore
Penerbit: Jejak, 2008
Tebal: 284 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 60.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Novel ini pertama kali terbit pada tahun 1915 (lih. hal. vi). Novel ini dilatarbelakangi fakta-fakta historis yang di sajikan dengan bahasa yang romantis. Benggala yang dibagi secara sepihak oleh Lord Cuzon (Inggris) pada tahun 1905. Yang kemudian emmbawa Tagore pada partisipasi dalam kegiatan gerakan sosial swadesi, yakni menolak produk dari Inggris dan memilih menggunakan produk dalam negeri. Dan melalui novel ini Tagore menghadirkan tokoh Nikhil sebagai representasi kekecewaannya atas kegagalan gerakan swadesi tersebut yang ternyata berkembang menjadi gerakan elitis dengan kekerasan. Disinilah kekuatan karya Tagore menjadi inspirasi dari gerakan non-kekerasan Gandhi.

Dalam kekecewaannya terhadap gerakan teroris, Tagore menciptakan tokoh Sandip. Sandip digambarkan sebagai tokoh antagonis yang angkuh, nihilistik dan abai terhadap gerakan pembebasan rakyat dari kolonislisme.

Dan akhirnya, novel ini merupakan paradoks antara perjuang melawan kenaifan, kebaikan melawan keburukan. dan Bimala sendiri merupakan nama tokoh Isteri Nikhil yang merupakan perwakilan Benggala. dia seperti Kartini yang menginginkan kebebasan rakyat (Benggala) dengan menghindarkan kompleks rendah diri dan takhayul pada aras budaya Rakyat.

Dalam akhir puncak novel, drama berlanjut dalam kekecewaan Bimala yang mendapati bahwa Sandip telah memperdayainya atas penguasaan ekonomi sehingga kekerasan muncul dan berkembang menjadi kompleks yang luas.

Bahasa Tragis khas Tagore akan kita rasakan dalam alur cerita bimala ini. Rangkaian drama yang cair, indah dan ending tragis yang menghenyak.