Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Statism and Anarchy (Mikhail Bakunin) Bahasa Indonesia

Judul: Statism and Anarchy
Penulis: Mikhail Bakunin
Penerbit: Second Hope, 2017
Tebal: 428 halaman
Kondisi: Bagus (Baru)
Harga: Rp. 85.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Buku ini adalah format terjemahan bebas dari buku karya Tokoh Revolusioner asal Rusia, Mikhail Bakunin yang terkenal akan tindakan anarkis Revolusioner Rusia. Di dalam buku ini, dijelaskan oleh Bakunin tentang apa dan bagaiman Statism & Anarchy yang ia pelajari tersebut. Selama hidupnya, Bakunin dikelan sebagai tokoh anarkisme yang paling berpengaruh, dan pendiri utama tradisi anarkis sosial. Bakunini sangat berpengaruh di kalangan kaum radikal di seluruh Rusia.

Meskipun secara teknis tidaklah lengkap, Statisme dan Anarki, untuk tingkat yang lebih besar dari sebagian besar tulisan-tulisan Bakunin, merupakan karya yang mengandung bentuk kesatuan yang utuh. Bahkan itu merupakan karya yang memiliki daya seni yang lumayan. Pada dasarnya karya tersebut secara bersamaan membedah tiga tema utama. Salah satunya ialah dampak perang Perancis-Prusia terhadap Eropa dan kebangkita Kekaisaran Jerman. Yang kedua ialah kritik Bakuni kepada Marxis dalam menghidupkan perpecahan di dalam organisasi Internasional. Yang ketiga ialah rekapitulasi pandangan mendasar anarkis. Yang terakhir ini merupakan pemberian makna atas pernyataan tentang prinsip-prinsip anarkis.

Tema utama kedua Statisme dan anarki ialah kritik atas Marxisme. Bagi Marxis, partisipasi kaum proletar dalam kehidupan politik bangsa masing-masing tampak sebagai cara yang efektif dalam mengejar perjuangan kelas dan akhirnya mencapai keunggulan proletariat dan penghapusan negara. Namun, bagi kaum Anarkis, setiap keterlibatan dalam "politik borjuis" merupakan kerusakan yang melekat. Seseorang bisa melawan musuh atau yang lain bisa bergabung dengan musuh, tetapi satu orang tidak dapat melakukan keduanya. Berharap menggunakan metode politik dalam menghapus dominasi politik adalah khayalan yang berbahaya.